Jumat, 09 Maret 2018

Aturan main selfie yang betul:

1. Jangan selfie di depan pintu, di tengah jalan, di tempat orang lewat. Kita menghambat orang lain. Apalagi selfie di atas pesawat terbang, di kolong kereta, di bawah kapal laut, jalan tol, menara BTS, ayolah, kita itu bukan Spider-Man. Kalau kenapa2, nanti malah selfie sama Malaikat maut.

2. Jangan selfie tiap menit. Itu memang terserah kita sih, tapi selfie tiap menit itu adalah kelainan jiwa. Tiap jam saja sudah mencemaskan, apalagi tiap menit.

3. Jangan selfie di tempat umum secara berlebihan. Monyong2 di restoran, kayang2 di jembatan. Boleh kalau cuma 1-2 x, tapi kalau kelamaan, orang sebelah kita bisa bingung, menyangka kita lagi kesurupan. Mending kalau mereka menjauh, kalau mereka nyari ember berisi air, disiram ke kita, bahaya.

4. Habis selfie, boleh lihat hasilnya. Tapi jangan lama banget, sampai 1 jam terus diamat2i hasil fotonya. Dibuka, dilihat, dilihat, dilihat lagi. Itu level narsis yang mematikan.

5. Jangan selfie tidak pada tempatnya. Selfie bareng pemadam kebakaran yg lagi memadamkan api. Selfie bareng dokter yg lagi operasi. Selfie sambil naik motor. Memang hasil fotonya jadi keren (menurut kita sih). Tapi lebay pangkal musibah. Besok2 kita malah selfie bareng penjaga kubur.

6. Hormati ibadah, tempat ibadah, dsbgnya. Jangan malah selfie bareng Imam shalat yg lagi ruku'. Saking penginnya, juga selfie bareng khatib pas lagi ceramah di mimbar. Pun ibadah2 agama lain, tidak patut selfie saat ibadah.

7. Terakhir, jangan selfie hal2 yang sangat private, lantas di posting pula di medsos. Selfie lagi mandi, selfie lagi di toilet, dsbgnya, dsbgnya. Segila apapun keinginan kita dipuji banyak orang, kepengen tenaaar banget, maka ketahuilah, selalu ada batasnya.

Di dunia ini banyak orang yg sama sekali tidak pernah selfie, tapi hidupnya amat bahagia. Jangan kita malah sebaliknya, setiap hari selfie, setiap saat pamer foto, ternyata kita sendiri tahu persis hidup kita begitu2 saja, jauh dari bahagia sejati. Dan lebih2, jangan habiskan waktu berjam-jam melototin foto selfie di akun orang lain, akun seleb2, dsbgnya. Kayak hidup kita itu tidak ada kerjaan lain saja.

*Tere Liye

Tidak ada komentar:

Posting Komentar